Yuk Liburan ke Bangka Belitung, Ini Kalender Event Tahun 2020 Dinas Pariwisata Bangka Belitung

Kalender even bertujuan untuk mempromosikan kegiatan pariwisata dan budaya yang dilaksanakan di Bangka Belitung.

Editor: Rusmiadi
bangkapos.com/Nurhayati
Miss Sport Tourism Indonesia, saat menyambut para yachter pada event Wonderful Sail 2 Indonesia 2016, Rabu (19/10/2016) di Pantai Parai Beach Resort Sungailiat. 

BANGKAPOSTRAVEL.COM- Kepulauan Bangka Belitung dikenal sebagai destinasi wisata bahari yang memiliki keindahan alam, akulturasi budaya dan kuliner.

Fadjri Djagahitam, Kabid Pemasaran Pariwisata mengatakan, kalender even bertujuan untuk mempromosikan kegiatan pariwisata dan budaya yang dilaksanakan di Bangka Belitung.

Berbagai Even Pariwisata yang akan dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2020..

//

1. Pangkalpinang

* Ceng Beng atau Sembahyang Kubur yang akan dilaksanakan pada 04 april 2020.

Warga keturunan Tionghoa melakukan ritual sembahyang kubur (cheng beng) di pekuburan Kemujan Sungailiat Kabupaten Bangka Rabu (4/4/2018)
Warga keturunan Tionghoa melakukan ritual sembahyang kubur (cheng beng) di pekuburan Kemujan Sungailiat Kabupaten Bangka Rabu (4/4/2018) (Bangkapos/Deddy Marjaya)

Kegiatan ini dilaksanakan pada dini hari hingga terbit fajar dengan melakukan sembayang dan meletakkan sajian.

* Hari Jadi Pangkalpinang yang akan dilaksanakan pada 17 september 2020, kegiatan hari jadi Kota Pangkalpinang ini diisi dengan tradisi nanggung, pekan olahraga, wisata dan budaya. Even tahunan ini berlangsung di Alun-Alun Taman Merdeka.

2. Bangka
* Bangka Culture Wave adalah Festival Multievent yang berlangsung di pantai tongaci, Sungailiat Bangka tepatnya pada bulan april 2020, yang menampilkan gelombang budaya multi etnis.

Festival Bangka Culture Wave di pantai Tongaci Sungailiat, pada Minggu (7/4).
Festival Bangka Culture Wave di pantai Tongaci Sungailiat, pada Minggu (7/4). (Bangka Pos/Riki Pratama)

* Wonderful Sail to Indonesia menjadi wisata Kapal layar terpanjang di dunia. Para Yacher melintasi Kabupaten Bangka pada tanggal 22-25 oktober yang bertempatan di perairan Tanjung Pesona - Sungailiat.

* Festival Karang Lintang merupakan festival pariwisata yang diadakan untuk mengangkat potensi-potensi budaya, keberagaman adat istiadat, kuliner dan destinasi wisata yang ada di Utara Pulau Bangka tepatnya bulan oktober 2020.

3. Bangka Barat
* Jiran Nusantara merupakan festival yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi kota Muntok sebagai kota tua bersejarah yang akan diselenggarakan pada 7 September 2020.

* Perang Ketupat merupakan satu diantaranya warisan budaya masyarakat Tempilang yang sudah ada semenjak gunung krakatau meletus yang akan diselenggarakan di Tempilang pada april 2020.

Perang Ketupat
Perang Ketupat (Bangka Pos/ Iwan)

* Malam 7 likur yang dilaksanakan di Desa Mancung Kecamatan Kelapa pada 10 hari terakhir ramadhan untuk menyambuy malam Lailatur Qodar dan sekalian menyemarakkan syiar agama islam, tepatnya pada bulan Mei 2020.

4. Murok Jerami, Bangka Tengah

* Murok Jerami adalah tradisi makan beramai-ramai satu desa sebagai wujud rasa syukur masyarakat dan permohonan kepada Allah SWT atas hasil panen yang melimpah ruah. Tradisi ini menjadi kebiasaan masyarakat Namang, tepatnya pada bulan Mei .

* Festival Selawang Segantang merupakan festival seni dan budaya yang diselenggarakan di Koba pada bulan agustus. Festival ini guna mendukung kreativitas seni berbasis kearifan lokal adat budaya Kepulauan Bangka Belitung.

Tradisi ritual adat Buang Jung yang dipusatkan di Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (15/7/2019)
Tradisi ritual adat Buang Jung yang dipusatkan di Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (15/7/2019) (Istimewa)

* Ritual Adat Buang Jung yang dilaksanakan rutin setiap tahun, tepatnya ketika alam dianggap mengalami perubahan, yang diperkirakan pada bula februari.

5. Bangka Selatan
* Toboali City on Fire (TCOF) yang merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Bangka Selatan tepatnya pada tanggal 5-12 juli.

Gaun peserta yang tampil pada Fasion Carnaval Toboali City On Fire, Minggu (9/10/2016)
Gaun peserta yang tampil pada Fasion Carnaval Toboali City On Fire, Minggu (9/10/2016) (Bangkapos.com/Riki Pratama)

* Nyelanding Grasstrack yang merupakan event balapan gasstrack paling bergengsi di Bangka Belitung dengan peserta pembalap-pembalap nasional, yang akan diselenggarakan pada 24-25 agustus. (Bangkapos.com/ Sela Agustika)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved