Omah Pawon Jadi Pilihan Bagi Yang Kangen Masakan Jawa

"Omah Pawon kerap dijadikan tempat makan nostalgia bagi perantauan jawa yang tinggal di Bangka,"

Omah Pawon Jadi Pilihan Bagi Yang Kangen Masakan Jawa
Bangkapos/Cici Nasya Nita
Bakmi jowo 

BANGKAPOSTRAVEL.COM --Tombo Kangen Wong Jowo (obat rindu orang Jawa). Begitu kata pemilik Omah Joglo Pawon Denok, Utami saat Bangkapos.com menyambangi rumah makan yang berlokasi di Bukitbesar, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung tidak jauh dari kantor KPU.

"Omah Pawon kerap dijadikan tempat makan nostalgia bagi perantauan Jawa yang tinggal di Bangka," kata Utami, Kamis (8/1/2020).

Omah joglo
Ornamen lampu dan bangunan Omah joglo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)
//

Nuansa jawa begitu terasa saat memasuki rumah makan ini, dendang musik jawa diputar untuk menambah kehangatan sembari menikmati deretan menu yang ditawarkan.

Utami mengaku tak mau tanggung-tanggung melakoni usaha kuliner ini, terlebih tak banyak orang yang memilih jualan masakan khas Jawa. Untuk itu pula Utami berupaya semaksimal mungkin menyulap rumah makan ini menjadi tempat makan yang punya nuansa berbeda, seperti layaknya makan di kota Istimewa Yogyakarta.

Bangunan rumah makan ini mengadopsi konsep rumah joglo, sejumlah ornamen termasuk kayu-kayu jati didatangkan dari Yogyakarta.

Gudeg lengkap
Gudeg lengkap (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

Tempat makan yang nyaman didukung dengan sajiannya yang lezat. Omah Pawon mengandalkan menu utama bakmi jowo. Musim hujan paling pas menyantap sepiring bakwi jowo dengan kuah panas. Bakwi jowo adalah olahan mie rebus khas Yogyakarta.

Bakmi jowo
Bakmi jowo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)
Foto bakmi goreng jowo
Foto bakmi goreng jowo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

Menurut Utami bakmi jowo bukanlah mie rebus biasa. Isiannya beragam meliputi telur bebek/ayam kampung, daging ayam suwir, kubis, daun bawang dan taburan daun seledri, bawang goreng dan cabai rawit. Siapa yang tak tergoda untuk menghabisinya? Dari sisi rasa bakwi jowo Omah Pawon sukses menyajikan kuliner jawa sesungguhnya, rasa manis gurih berpadu kuah panas menjadi santapan terlezat.

Cukup membayar Rp 18 ribu untuk variasi telur bebek dan Rp 15 ribu untuk variasi telur ayam sudah bisa merasakanya nikmatnya bakmi jawa.

Utami berkeyakinan bakwi jowo bisa diterima semua kalangan, apalagi menu ini dijamin halal 100 persen. Semua bahan bakunya juga dipilih yang terbaik.

"Bahan bakunya saya sendiri yang beli di pasar, pastinya kami mengandalkan kualitas," tutur Utami yang juga bekerja sebagai PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung.

Sebagai menu terlaris, bakwi jowo paling ramai diserbu. Untuk itu kata Utami pelanggan diharapkan untuk sabar saat menunggu sajian ini dimasak.

Tami mengolah bakmi jowo
Tami mengolah bakmi jowo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

"Kadang ada yang bilang agak lama kalau pesan bakwi jowo, memang betul karena masaknya satu-satu, tidak langsung banyak agar rasanya tidak mengecewakan. Untuk itu kami harap konsumen bisa bersabar," pesannya.

Selain bakwi jowo, pengunjung bisa memilih sajian khas Yogyakarta lainnya seperti gudeg. Ada dua jenis gudeg yang disajikan yakni gudeg komplit dan gudeg telor dengan harga mulai Rp 15 ribu.

Rasa manis gudeg dari nangka yang telah diolah dengan bumbu khasnya, dipadukan dengan belondo dan sambal krecek yang bahan kreceknya didatangkan dari Yogyakarta, dijamin akan menambah kenikmatan saat menyantapnya.

"Untuk tingkat kemanisannya sudah kami sesuaikan agar masuk ke semua pelanggan kita," kata Utami.

Perempuan ramah ini menyebutkan, deretan menu yang tak kalah nikmatnya adalah rawon daging, tempe mendoan, nasi goreng magelangan, bihun goreng jowo, serta ingkung bakar istimewa (ayam kampung bakar dengan bumbu khas jawa yang meresap).

Ayam ingkung
Ayam ingkung (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

"Ayam ingkung ini dari ayam kampung diolah dengan rempah-rempah, harganya cukup Rp 100 ribu ukuran satu ekor, sudah bisa disantap bersama keluarga," ujar Utami.

Tak ketinggalan, Omah pawon juga menyediakan minuman spesial khas jawa. Seperti teh porong, wedang uwuh, wedang tomat dan wedang jahe sere.

Minuman seperti wedang uwuh, wedang sere dibanderol Rp 8 ribu, diyakini baik untuk masuk angin, dan dapat melancarkan peredaran darah.

Penasaran? Monggo mampir ke sini.....

Wedang uwuh
Wedang uwuh (Bangkapos/Cici Nasya Nita)
Ikuti kami di
Editor: Rusmiadi
Sumber: Bangka Pos
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved