Objek Wisata Religi Puri Tri Agung, Menyuguhkan Panoramanya Pantai dan Bukit Yang Luar Biasa

Objek wisata religi Puri Tri Agung yang terletak di garis pantai timur Kabupaten Bangka, tepatnya berada di sekitar Kawasan Pantai Tikus, Sungailiat.

Objek Wisata Religi Puri Tri Agung, Menyuguhkan Panoramanya Pantai dan Bukit Yang Luar Biasa
Bangkapos.com
Puri Tri Agung, bangunan rumah ibadah yang menjadi objek wisata di Sungailiat, Bangka 

BANGKAPOSTRAVEL.COM -- Tidak hanya menyajikan keindahan pantai-pantainya yang berada di hampir seluruh daerah kabupaten/kota, Pulau Bangka juga banyak menyimpan pesona keindahan serta objek wisata lainnya.

Satu di antaranya, yakni objek wisata religi Puri Tri Agung yang terletak di garis pantai timur Kabupaten Bangka, tepatnya berada di sekitar Kawasan Pantai Tikus, Sungailiat.

Suasana tenang dan damai pun terpancar dari pesona objek wisata yang juga merupakan tempat ibadah ummat Budha ini.

//

Bicara tentang keindahan, Puri Tri Agung mempunyai sejumlah pesona ornamen unik di dalamnya. Secara kasat mata, kita dapat melihat suguhan ukiran kerajinan yang berpadu dengan penampakan gedung megah tempat ibadah ini.

Bangkapos juga, Sabtu (11/1/2020) berkesempatan untuk mewancarai pihak sekretariat Puri Tri Agung. Ani, begitulah nama salah satu pengurus yang kebetulan sedang melakukan monitoring di sekitar Puri menceritakan riwayat Puri Tri Agung yang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan.

Dia menceritakan, wisatawan yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal, melainkan dari luar daerah dan bahkan dunia. Mereka yang datang ke sini, kadang juga bukan hanya untuk berwisata.

"Ada yang datang dari luar negeri juga untuk berdoa, beribadah di sini. Di Puri ini kita welcome kepada siapa saja. Kita pengen menunjukan bahwa Pulau Bangka itu, dan Bangka Belitung (Babel) ini penuh keberagaman," jelasnya.

Ani juga menuturkan, dalam sebulan para wisatawan yang berkunjung ke Puri bisa mencapai ribuan orang.

Dari sejumlah wisatawan yang datang, tidak sedikit pula merasakan kemegahan tempat serta merasa takjub dengan keberadaan salah satu aset wisata religi yang ada di Kabupaten Bangka ini.

"Setiap hari libur, itu pengunjung biasanya membludak. Kita juga di sini, punya sekolah mingguan. Jadi para siswa ada yang belajar sambil beribadah di Puri. Kebanyakan mereka asik dan merasa tenang ketika beribadah di sini," terang Ani.

Pengunjung objek wisata Puri Tri Agung Sungailiat Kabupaten Bangka.
Pengunjung objek wisata Puri Tri Agung Sungailiat Kabupaten Bangka. (Bangkapos/Ramandha)

Sementara itu, salah satu wisatawan asal Sumatera Selatan (Sumsel), Iwan beserta Istrinya Sri Susanti ketika dijumpai Bangkapos.com, menyampaikan keinginannya sejak lama ingin berkunjung ke Puri Tri Agung.

Dia juga merasakan ketenangan ketika berada di Puri. Tidak hanya itu, Susanti sang istri merasa tidak ingin beranjak dari Puri ketika melihat keindahan bibir pantai yang memang nampak ketika kita berdiri di tepian pagar Puri Tri Agung.

"Kita rombongan dari Kepsek (kepala sekolah) Mesuji Raya, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel. Saya sama istri sudah lama memang ingin berkunjung ke sini. Tapi baru sekarang terealisasi," ungkapnya.

"Tempat ini asik. Buat hati dan pikiran saya tenang usai melakukan aktivitas padat mengajar. Ini istri saya juga bilang, kalau Puri ini memang buat mood kita jadi bagus," tuturnya.

"Pokoknya Bangka keren abis. Puri Tri Agung memukau kami berdua. Semoga nanti bisa berkunjung lagi bawa keluarga lainnya. Ini juga kami akan berkunjung ke wisata lain di sini. Semoga tidak kalah keren," pungkas Iwan.

Kepuasan Iwan bersama rombongan tersebut, setidaknya membuat Anda penasaran bukan. Untuk itu, alangkah baiknya kedepan Anda juga bisa menikmati ketenangan yang dirasakan Iwan bersama istrinya tersebut.

Pihak pengurus Puri Tri Agung di tanggal 8 Februari mendatang, juga akan menggelar perayaan Cap Go Meh. Dalam perayaan tersebut, di Puri Tri Agung akan diramaikan oleh sejumlah kegiatan hiburan yang tentunya dapat memanjakan para pengunjung satu diantara ikon pariwisata Kabupaten Bangka ini.

(Bangkapos/Ramandha)

Ikuti kami di
Editor: Rusmiadi
Sumber: Bangka Pos
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved