Mengisi Liburan ke Belitung, Berikut Destinasi Yang Menyuguhkan Keindahan Alam

Belitung menjadi pilihan untuk mengisi liburan Natal, Tahun Baru maupun liburan sekolah. Ada banyak destinasi yang menarik menyuguhkan keindahan alam

Mengisi Liburan ke Belitung, Berikut Destinasi Yang Menyuguhkan Keindahan  Alam
Pos Belitung/Disa Aryandi
Pulau Pasir, merupakan gusung pasir yang muncul saat air laut surut, saat air laut pasang maka pulau ini akan menghilang. Pulau ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yang berdampingan dengan dengan Pulau Kepayang. 

BANGKAPOSTRAVEL.COM - Libur Perayaan Natal dan Tahun Baru, bersamaan dengan libur sekolah.

Libur panjang ini biasa dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur ke berbagai daerah. Pantai menjadi salah satu tujuan utama mengisi liburan bersama dengan keluarga.

Posbelitung.co telah merangkum berbagai lokasi wisata yang bisa menjadi tujuan liburan di Belitung.

Lokasi ini tentu memiliki keindahan yang sangat menarik, serta sudah menjadi tempat favorit, apabila berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

Lokasi-lokasi liburan ini terbilang tidak jauh dari pusat Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Secara keseluruhan, lokasi - lokasi ini memiliki pantai berpasir putih dan panorama alam yang sangat indah.

//

1. HKm Juru Seberang/HKm Seberang Bersatu

HKm Juru Seberang
HKm Juru Seberang (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Hutan Kemasyarakatan (HKm) Juru Seberang atau HKm Seberang Bersatu, merupakan lokasi wisata yang terletak di Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Lokasi wisata ini, merupakan rehabilitasi lokasi eks tambang yang disulap menjadi taman wisata Mangrove.

Lokasi wisata ini, sudah dirintis untuk di ubah menjadi tempat uang sangat menarik sejak awal tahun 2013. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti jasa lingkungan, tracking mangrove, rumah edukasi, juru pandang dan spot selfie di tempat ini.

Ada pula, seperti atraksi berupa kegiatan mancing kepiting rajungan budidaya, di sebuah kolam dan menarik lagi, lokasi ini sudah masuk dalam UNESCO Global Geopark.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk
Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Lokasi nya berjarak sekitar 27 kilometer (Km) dari pusat Kota Tanjungpandan.

Pantai berpasir putih ini memiliki puluhan batu granit raksasa, yang bentuknya sangat mirip dengan kepala burung garuda. Pada tahun 2016 lalu, Tanjung Kelayang sudah di tetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016.

Pantai ini, sangat bisa di gunakan untuk berenang, dan melakukan aktivitas liburan lainnya, seperti snorkling. Tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, pengunjung juga dapat menemukan Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar.

3. Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk
Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Tanjung tinggi adalah sebuah pantai berpasir putih dengan dihiasi batu granit raksasa berada tepat dipesisir pantai. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 kilometer dari pusat Kota Tanjung Pandan.

Ada ratusan batu granit di Pantai ini. Ukuran batu granit, mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata unggulan di Pulau Belitung.

Suasana di Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung,
Suasana di Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung, (Posbelitung/Yuranda)

Di pantai ini tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah terjadi di Belitung. Fasilitas lain di Pantai Tanjung Tinggi ini lumayan memadai, karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat hotel bagi anda yang ingin menginap. Selain itu disana juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.

Sepasang wisatawan berasal dari Swedia melancong ke Pantai Tanjung Tinggi beberapa waktu lalu.
Sepasang wisatawan berasal dari Swedia melancong ke Pantai Tanjung Tinggi beberapa waktu lalu. (posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Pantai ini berbentuk lekukan busur derajat yang dengan diameter kira-kira 100 m dengan susunan batu-batu granit yang ada di dua sisi pantai. Di sepanjang pantai kita akan melihat panorama pemandangan yang mengesankan dan unik dari pantai - pantai yang ada. Pasirnya putih dan airnya jernih, kita dapat berenang dikarenakan kecilnya gelombang dan lambatnya arus air laut, tapi yang lebih menarik adalah sedikitnya perbedaan antara pasang naik dengan pasang surut.

4. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Pulau Lengkuas adalah salah sebuah pulau yang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882.

Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Wisatawan, Selasa (11/6) menaiki tutup fiber berwarna kuning dari kapal pengangkut penumpang menuju bibir pantai Pulau lengkuas.
Wisatawan, Selasa (11/6) menaiki tutup fiber berwarna kuning dari kapal pengangkut penumpang menuju bibir pantai Pulau lengkuas. (Posbelitung.com/Disa Aryandi)

Di Pulau Lengkuas terdapat batu granit, pasir putih dan air laut yang jernih. Pulau kecil yang bisa dikelilingi dalam waktu 20 menit ini, dapat didatangi dengan Kapal Boad dari Tanjung Kelayang maupun dari Desa Tanjung Binga.

Pulau ini adalah tujuan untuk snorkeling dan menyelam, maupun berenang.

Untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, pengunjung disarankan untuk membawa persediaan air minum dan membawa pulang kembali sampah yang dihasilkan selama di pulau, untuk dibuang di tempat sampah di daratan.

5. Pulau Pasir

Pulau Pasir
Pulau Pasir (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Pulau Pasir merupakan pulau yang muncul saat air laut surut, saat air laut pasang maka pulau ini akan menghilang. Pulau ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yang berdampingan dengan dengan Pulau Kepayang.

Pulau ini menjadi salah satu primadona wisatawan, lantaran hanya sebuah hamparan pasir putih. Bentuk dari Pulau ini, sekilas seperti huruf 'C' terbalik atau seperti bulan sabit. Tidak ada pepohonan, atau bebatuan granit di Pulau yang terbentuk dari pasir laut ini.

Pulau ini memiliki panjang sekitar 80 meter dan lebar sekitar 12 meter apabila air surut secara maksimal. Pasir yang ada di Pulau ini, terbilang sangat halus, dan putih. Apabila telapak kaki melangkah, maka akan terasa lembut. Air laut yang ada diseputaran pulau ini sangat jernih sekali. Jauh sedikit dari pulau tersebut mata memandang maka air laut seperti berlapis.

6. Pulau Kepayang

Keindahan Pulau Kepayang, Kecamatan Sijuk.
Keindahan Pulau Kepayang, Kecamatan Sijuk. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Pulau Kepayang adalah sebuah pulau yang ada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Untuk menuju pulau tersebut, pengunjung harus menggunakan kapal boad seperti menuju Pulau Lengkuas dan Pulau pasir yang ada di seputaran Pulau Kepayang ini.

Pulau Kepayang dinamakan juga pulau Babi, luasnya kurang lebih 14 hektar dengan beberapa sisi pantai yang menarik. Pulau ini terlihat jelas dari sisi Barat pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Kepayang yang merupakan pulau kecil di Belitung menawarkan keindahan hamparan pasir putih yang berpadu dengan bebatuan granit. Pasir putihnya yang halus membuat pengunjung betah berlama-lama berjalan dan bersantai di pinggir pantainya ditemani angin pantai dan tarian pohon kelapa yang menjadi pelengkap pulau ini.

Tidak hanya kawasan pantai saja yang menarik perhatian. Air lautnya yang tenang lengkap dengan keindahan bawah lautnya seperti menjadi magnet para pengunjung untuk menyelam dan snorkeling, mengintip keindahannya. Berbagai ikan laut yang unik dan karang-karang yang menawan seperti mencuri perhatian pengunjung.

Lokasi spot wisata ini tentu sangat bisa untuk berenang, mandi laut, snorkling maupung diving.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Ikuti kami di
Editor: Rusmiadi
Sumber: Pos Belitung
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved