5 Hal yang Bisa Dilakukan di Manggar Belitung Timur, Lihat Tarsius dan Sunset di Kulong Minyak

Manggar adalah kota terbesar di Belitung Timur, sekaligus menjadi ibukotanya. Ada sejumlah tempat yang bisa dikunjungi saat berwisata

Editor: Rusmiadi
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Taman Kreasi Remaja depan Kantor Camat Manggar 

BANGKAPOSTRAVEL.COM - Manggar adalah kota terbesar di Belitung Timur, sekaligus menjadi ibukotanya. Kota yang memiliki slogan BISMILAH ini cukup unik dan memiliki beberapa ciri khas.

Dari rangkuman posbelitung.co, Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan di Manggar:

1. Melihat Pelilean (Tarsius)

//

Hewan satu ini cukup langka dan tidak bisa ditemukan di sembarang tempat. Hewan berwarna dominan cokelat ini memiliki keunikan yakni bisa memutar kepalanya 360⁰! Hebat kan! Kamu bisa melihat hewan ini di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Timur. GRATISS!!!

Tarsius atau dalam bahasa lokal disebut pelili'an yang ditemukan posbelitung.co bersama pengelola Bukit Peramun pada Selasa, (21/8/2018).
Tarsius atau dalam bahasa lokal disebut pelili'an yang ditemukan posbelitung.co bersama pengelola Bukit Peramun pada Selasa, (21/8/2018). (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Lokasinya berada di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Belitung Timur tidak jauh dari Kantor Bupati.

2. Berkunjung ke Taman Kreasi Remaja

Waktu paling tepat mengunjungi tempat ini adalah malam hari. Kenapa? Karena di sini kamu akan melihat gemerlapan cahaya seperti di Garden Lights Park, Atlanta USA! Banyak spot foto yang bisa kamu jadikan latar agar bisa diupload ke sosmedmu! Lokasinya berada di depan Kantor Camat Manggar. Go get your maps!

Taman Kreasi Remaja depan Kantor Camat Manggar.
Taman Kreasi Remaja depan Kantor Camat Manggar. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Di sini kamu juga bisa membeli jajanan lokal seperti jagung bakar, singkong goreng, sampai kacang rebus. Kamu juga bisa membeli kopi khas Manggar di sini, di pojok selatan taman ini ada coffee-truck. Pesan saja Kopi Camar maka kamu akan menikmati sensasi minum kopi khas Manggar dengan suasana ala Amerika!

3. Napak Tilas Kolonial

Di Manggar ada suatu kawasan yang bisa kamu jadikan referensi araitektur bangunan ala Belanda. Namanya adalah Bukit Samak. Di tempat ini kamu bisa menemukan kantor-kantor Belanda saat masih berkuasa di Belitung. Bangunan tersebut saat ini masih aktif dan dijadikan sebagai bangunan sekolahan.

Rangkaian pesona jalur rempah Belitung Timur mulai bergulir yang ditandai dengan Heritage trail menjejaki sejarah Bukit Samak warisan budaya di Belitung Timur, Senin (26/8/2019)
Rangkaian pesona jalur rempah Belitung Timur mulai bergulir yang ditandai dengan Heritage trail menjejaki sejarah Bukit Samak warisan budaya di Belitung Timur, Senin (26/8/2019) (Dok/Disbudpar Belitung)

Di atas bukit ini kamu bisa menemukan rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati yang langsung menghadap ke laut lepas. Kamu bisa ambil foto di sini dan berpose ala-ala ratu atau raja Belanda karena rumahnya yang sangat khas kolonial.

4. Menunggu Nelayan Tiba

Pernah ga sih ngebayangin beli ikan langsung dari nelayannya?! Di Manggar kamu bisa melakukan itu di Pantai Serdang! Kamu bisa ke sini sekitar pukul 16.00 WIB. Tunggu aja di pesisir pantainya pasti nanti ada nelayan yang baru pulang melaut membawa hasil lautnya. Jika kamu beruntung bakal bisa mendapatkan harga istimewa dari nelayannya!

Ratusan perahu kater milik para nelayan pantai serdang, parkir di bibir pantai. (20/6/2018)
Ratusan perahu kater milik para nelayan pantai serdang, parkir di bibir pantai. (20/6/2018) (posbelitung/suharli)

5. Menikmati Sunset di Kulong Minyak

Setelah puas menikmati arsitektur ala kolonial di Bukit Samak kamu bisa turun ke Kulong Minyak. Itu merupakan sebuah kolong atau lubang bekas galian yang berisi air istilahnya danau buatan. Di sini kamu bisa menikmati matahari terbenam sambil ngopi di warkop sekitar.

Caption: Great Letter Kulong Minyak, Kamis (18/5/2017). Kawasan ini diketahui adalah bekas penambangan timah yang konon menyimpan deposit timah terbanyak pada masanya. (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN)
Caption: Great Letter Kulong Minyak, Kamis (18/5/2017). Kawasan ini diketahui adalah bekas penambangan timah yang konon menyimpan deposit timah terbanyak pada masanya. (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN) (Pos Belitung/Dedi Qurniawan)

Apalagi jika kamu bawa pacar, bisa romantis-romantisan di sini! Ambil foto siluet sambil pegangan tangan, upload ke instagram, BOOM!!! Hujanan like bakal masuk ke instagram kamu!

Tunggu apa lagi, yuk buruan ke Manggar!

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved