Berburu Durian Lokal Asli Bangka, 4 Jenis Ini Yang Direkomendasikan Karena Rasanya

Di Bangka Belitung terdapat beberapa jenis nama buah durian yang mungkin tak asing didengar namanya oleh para penikmat durian

Berburu Durian Lokal Asli Bangka, 4 Jenis Ini Yang Direkomendasikan Karena Rasanya
Bangkapos.com/Widodo
Laguan penjual Durian Cumasi 

BANGKAPOSTRAVEL.COM -  Bagi para penikmat durian pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah kulitnya berduri dan yang harumnya sangat menyengat.

Bahkan ketika sudah selesai memakan buah ini tetap saja mengundang aroma-aroma khas bagi orang yang berada disekitarnya.

Di Bangka Belitung terdapat beberapa jenis nama buah durian yang mungkin tak asing didengar namanya oleh para penikmat durian.

//

Disini Bangkapos.com akan mengulas lima jenis durian beserta rasa, bentuk isi, warna dan harga per buahnya.

1. Durian Cumasi (Tai Babi)

Durian Cumasi
Durian Cumasi (Bangkapos.com/Widodo)

Durian Cumasi atau sering disebut Durian Tai Babi memiliki harga jual yang lebih tinggi ketimbang durian jenis lainnya.

Harga dalam satu buah durian ini mulai dari Rp 250.000 per buah untuk ukuran kecil hingga mencapai Rp 450.000 untuk ukuran besar.

Hal Ini dikarenakan oleh isinya yang begitu tebal, biji yang kecil, warna kekuningan serta rasa yang nikmat yaitu manis, lemak dan sedikit pahit sehingga menggugah selera kita dan pastinya membuat lidah tidak sabar untuk menyantapnya.

Durian ini sangat banyak diminati oleh masyarakat Bangka, bahkan luar Bangka Belitung. Mereka sengaja mencari dimana tempat penjualan durian Cumasi atau Tai Babi ini.

Banyak yang sengaja memesan durian ini dengan jumlah yang banyak. Durian Cumasi banyak berasal dari daerah Kecamatan Parittiga, Jebus dan Muntok.

Untuk keberadaan Durian Cumasi ini anda tidak usah repot-repot mencarinya, karena jual durian ini ada di Jalan Jendral Sudirman Kota Pangkalpinang sekitar 300 meter dari lampu merah simpang empat Ramayana Jalan ke Koba.

Durian ini dijual oleh Laguan yang sejak tahun 1984 mulai berjualan buah durian dan pada saat itu harga buah durian masih Rp 5.000 per buah.

"Dari tahun 1984 saya jualan Durian Cumasi, waktu itu harganya masih Rp 5.000 per buah," ujar Laguan
kepada Bangkapos.com, Rabu (18/12/2019).

2. Durian Tembaga

Durian Tembaga
Durian Tembaga (Bangkapos.com/Widodo)

Durian ini mempunyai warna yang putih dan orange pada umumnya. Anda dapat menemukan durian ini di daerah Semabung dekat SPBU jalan menuju Kelurahan Air Itam Kota Pangkalpinang.

Durian Tembaga di jual dengan harga dari kisaran Rp 50.000 sampai Rp 200.000 paling mahal  per buah.

Bentuk Durian Tembaga agak bulat, mempunyai isi yang cukup tebal dan nikmat. Banyak masyarakat sudah mengenali durian tembaga.

Kualitas durian ini jangan diragukan lagi, rasa lemak, manis dan pahit juga ada di durian ini. Peminatnya juga banyak.

Durian Tembaga banyak diperoleh dari Desa Belimbing Kabupaten Bangka Tengah. Banyak orng mengambil dari sana dan menjual di wilayah Kota Pangkalpinang.

3. Durian Jantung

Penjual durian, Jok menunjukkan bentuk durian jantung yang menjadi andalannya
Durian jantung (Bangkapos/Anthoni Ramli)

Durian ini bisa kita beli di tempat penjualan durian di depan Kodim 0413 Bangka.

Durian Jantung memiliki warna yang berbeda-beda yaitu ada kuning, pink, orange dan putih. rasa durian jantung ini bervariasi menurut keterangan penjual durian.

"Durian ini ada rasa pisang, kadang jengkol sama pete. Mungkin karena batang durian ini berdekatan dengan batang lainnya," ungkap Sawal Haji penjual durian kepada Bangka pos.com.

Namun pada umumnya Durian Jantung memilki rasa yang manis, bentuknya seperti jantung agak lonjong sehingga diberi nama durian jantung.

Harga Durian ini menurut Sawal Haji dari harga Rp 40.000 dan sampai Rp 60.000 per buah. Ia mendapatkan durian ini dari wilayah Toboali dan dijual disini.

4. Durian Susu

Durian Susu
Durian Susu (Bangkapos.com/Widodo)

Anda mungkin tidak asing lagi mendengar Durian Susu. Durian ini mempunyai isi yang umumnya warna putih dan ada yang kuning.

Durian ini juga bisa didapatkan di depan Kodim 0413 Bangka dan lebih banyak di Wilayah Toboali. Harganya cukup sama seperti durian jantung yaitu berkisar dari Rp 40 Ribu untuk per buahnya.

Durian ini juga mempunyai rasa yang manis, lemak dan melezatkan untuk dinikmati. Bentuknya yang agak bulat dan warna kulitnya memang agak kekuningan.

Itulah beberapa jenis durian asli dari bangka yang mempunyai citra rasa sehingga menggugah selera penikmatnya.

Bagi kalian yang ingin mencoba ke empat durian ini datang langsung ke penjualan durian yang telah diinformasikan tempat di atas. (Bangkapos.com/Widodo)

Ikuti kami di
Editor: Rusmiadi
Sumber: Bangka Pos
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved